Senin, 29 Oktober 2012

Titanium Backup: Cara Backup dan Restore Aplikasi Pada Ponsel Android

Sobat, backup data sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada ponsel atau smartphone Android kita. Sesuatu tersebut bisa berupa ngebricknya HH android atau hilangnya beberapa aplikasi Android sehingga data yang sangat penting sobat yang tersimpan di dalam memori penyimpanan ikut hilang.
Aplikasi Titanium Backup
Dalam Google Play Store ada bermacam-macam aplikasi Android yang berfungsi untuk backup data maupun aplikasi baik yang gratisan maupun yang berbayar. Beberapa diantaranya adalah Titanium Backup, Dropbox, Google Drive, dan masih banyak aplikasi sejenis yang lainnya. Namun dalam artikel ini saya hanya membahas aplikasi Titanium Backup saja.
Aplikasi Titanium Backup ini merupakan aplikasi Android yang multifungsi dengan settingan yang sangat kompleks. Aplikasi Titanium Backup ini hanya dapat digunakan pada HH ponsel atau smartphone Android yang telah diroot dan telah diinstall aplikasi Busybox. Aplikasi backup data aplikasi ini dapat didownload secara gratis melalui aplikasi Google Play Store.
Untuk melakukan backup dan restore aplikasi juga sangat mudah. Sobat hanya perlu mengerti dan memahami langkah-langkahnya untuk backup dan restore saja. Langsung saja, berikut cara mudah melakukan backup aplikasi menggunakan aplikasi Titanium Backup:
  1. Pastikan HH ponsel atau smartphone Android telah diroot
  2. Install aplikasi Titanium Backup
  3. Install Busybox menggunakan aplikasi BusyBox installer.
  4. Jalankan aplikasi Titanium Backup.
    Tampilan Aplikasi Titanium Backup
  5. Apabila aplikasi Titanium Backup ini meminta ijin untuk mengakses SuperUser, silahkan sobat ijinkan.
  6. Tekan menu aplikasi kemudian pilih Batch.
    Menu Aplikasi Titanium Backup
  7. Selanjutnya sobat pilih Backup all user apps + system data
    Tekan Backup all user apps + system data
  8. Ikuti petunjuk yang ada hingga proses backup selesai.
  9. Jika sobat ingin melakukan backup pada aplikasi tertentu saja, gunakan tab Backup/Restore.
  10. Selesai
Sedangkan untuk merestore aplikasi yang telah dibackup sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Jalankan aplikasi Titanium Backup
    Tampilan Aplikasi Titanium Backup
  2. Pilih tab backup/restore.
    Pilih tab Backup/Restore
  3. Pilih aplikasi yang ingin direstore.
    Pilih Aplikasi yang ingin direstore
  4. Klik tombol restore.
  5. Ikuti petunjuk yang ada hingga proses restore selesai.
  6. Namun, jika sobat ingin melakukan restore pada semua aplikasi yang pernah dibackup. Gunakan menu batch, caranya tekan menu aplikasi Titanium Backup kemudian pilih restore all user apps + system data
  7. Selesai
Aplikasi Android pembackup aplikasi ini juga memiliki versi Pro yang bernama Titanium Backup Pro. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih “wah” dari versi gratisan. Salah satu diantaranya adalah freeze. Dengan fitur freeze ini sobat  dapat membekukan atau mengunci aplikasi sehingga tidak dapat dihapus. Selain itu juga terdapat fitur Defros, kebaikan dari fitur Freeze.
Aplikasi Titanium Backup Pro juga dapat melakukan sinkronisasi backup data melalui Dropbox, Box, dan Google Drive baik secara manual maupun terjadwal. Dan masih banyak fitur menarik lainnya. Akan tetapi sobat, hati-hati saat menggunakan untuk merestore aplikasi yang berasal dari HH ponsel atau smartphone Android yang berbeda. Bagaimana sobat, tertarik untuk menggunakannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar